News Ticker

Menu

ADA KERAJAAN DI DHARMASRAYA! MASA SIH?



KATANYA- Kendati masih berusia muda, Kabupaten Dharmasraya menyimpan sejuta pesona. Dari sana sekitar abad 11 masehi lembar sejarah Kerajaan Melayu bermula. Peninggalan-peninggalan arkeolog seperti candi, artefak, masjid, makam raja-raja dan rumah gadang menjadi saksi bisu sejarah kerajaan Hindu-Budha dan Islam di kabupaten pemekaran itu.Banyak orang yang tidak mengetahui bahwasanya pernah ada sebuah kerajaan kecil di daerah sumatera barat, tepatnya di daerah kecil yang jauh dari pusat kota di Siguntur Kec.Sitiung Kab.Dharmasraya ( lebih kurang 200km dari kota Padang ).

Sejarah kerajaan Siguntur belum banyak diketahui, namun menurut sumber lokal menyebutkan bahwa daerah Siguntur merupakan sebuah kerajaan Dharmasyraya di Swarnabhumi (Sumatera) yang berkedudukan di hulu sungai Batanghari, sungai ini melintasi Provinsi Jambi dengan muara di laut Cina Selatan.

Sebelum agama Islam masuk ke wilayah Minangkabau atau Jambi, kerajaan Siguntur merupakan kerajaan kecil yang bernaung di bawah kerajaan Malayu, namun pernah bernaung pula pada kerajaan Sriwijaya, Majapahit, Singasari, dan Minangkabau.

Kerajaan Siguntur dahulu adalah sebuah kerajaan Dharmasyraya di Swarnabhumi (Sumatera) yang berkedudukan di hulu Sungai Batanghari. Sebelum masuk Islam kerajaan kecil ini pernah bernaung di bawah beberapa kerajaan, seperti: Melayu, Sriwijaya, Majapahit, dan Singasari. Raja-raja yang pernah bertahta di kerajaan Siguntur pada masa pra Islam diantaranya adalah Sri Tribuwana Mauliwarmadewa (1250-1290), Sora (Lembu Sora) (1290-1300), Pramesora (Pramesywara) (1300-1343), Adityiawarman (kanakamedinindra) (1343-1347), Adikerma (putra Paramesora) (1347-1397), Guci Rajo Angek Garang (1397-1425), dan Tiang Panjang (1425-1560).

Pada waktu Islam masuk (sekitar abad 14), raja Siguntur yang waktu itu dijabat oleh Pramesora memeluk Islam dan berganti nama menjadi Sultan Muhammad Syah bin Sora Iskandarsyah. Selanjutnya kerajaan Siguntur bernaung dibawah kerajaan Alam Minangkabau. Sebagai catatan, raja-raja yang bernah berkuasa di kerajaan Siguntur pada masa Islam adalah: Abdul Jalil Sutan Syah (1575-1650), Sultan Abdul Qadir (1650-1727), Sultan Amiruddin (1727-1864), Sultan Ali Akbar (1864-1914), Sultan Abu Bakar (1914-1968), Sultan Hendri (1968-sekarang).

Sampai saat ini peninggalan kerajaan Siguntur masih dirawat dengan baik, ada rumah gadang kerajaan yang dulunya merupakan istana kerajaan, ada masjid, candi, dan pemakaman untuk keturunan kerajaan. Sampai saat ini keturunan masih menetap dan hidup berbaur dengan masyarakat, mereka hidup berdampingan tanpa membedakan kasta antara masyarakat biasa dengan keturunan kerajaan, hanya saja ada ciri khas dari keturunan kerajaan yakni bagi yang laki- laki nama depannya adalah sutan biasa disingkat dengan St. Dan yang perempuan biasa dipanggil aciak yang merupakan asal kata tuan kociak yang artinya tuan kecil.panggilan tersebut misalnya aciak has, aciak yai, aciak maya ( saya sendiri, yang merupakan keturunan kerajaan Siguntur ) untuk laki-laki St.darajat, St. Hendri, St. Zulkarnain, St. Iskandar.

Penulis disini sangat berharap sejarah kerajaan ini terus dijaga agar tidak mengalami kepunahan nantinya, dan saat ini di belakang rumah gadang sudah di bangun sebuah museum untuk menyimpan peninggalan kerajaan yang mana dulunya sebelum ada museum semua peninggalan dikirim ke Jakarta sehingga anak cucu keturunan tidak bisa melihat peningalan tersebut.Beberapa penibggalan tersebut berupa patung adityawarman,pecah belah, dsb.

Share This:

Admin

I'm Admin. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

1 comment to ''ADA KERAJAAN DI DHARMASRAYA! MASA SIH?"

ADD COMMENT
  1. Mohon no kontak, saya berharap dapat komunikasi untuk dapat info dan data ttg ISLAM DAN DHARMASRAYA, ke email rifkiabrorananda@gmail.com

    ReplyDelete

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM